Keamanan Telepon Internet (E-Life Style Metro TV)

Ξ September 5th, 2006 | → 28 Comments | ∇ Event, Technology |

mudji-elife.JPGDalam beberapa tahun belakangan, perkembangan dan penggunaan teknologi Internet sangat pesat sekali. Semakin banyak saja kalangan bisnis, organisasi, perkantoran, pendidikan, dan individu menggunakan jasa teknologi informasi ini.

Sejalan dengan laju pertumbuhan penggunaan Internet yang sangat cepat, maka semakin banyak pula aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna, seperti aplikasi Telepon Internet atau dikenal Voice over Internet Protocol (VoIP). Namun, hal ini bukan tanpa gangguan kejahatan sehingga aspek pengamanan jaringan komputer menjadi sangat populer dan penting serta merupakan suatu keharusan atau kebutuhan mutlak di masa depan.

Berdasarkan hasil riset dan survei serta berbagai laporan tentang kejahatan komputer yang terjadi dewasa ini, diketahui bahwa saat ini tidak ada satu pun jaringan komputer yang dapat diasumsikan 100 persen persen aman dari serangan virus, spam, e-mail bomb, atau diterobos langsung oleh para hackers. Seorang hacker berpengalaman dengan mudah melakukan hacking atau memasuki jaringan komputer yang menjadi targetnya, walaupun jaringan tersebut sudah mempunyai sistem pengaman.

VoIP merupakan suatu jasa telepon yang memanfaatkan jaringan komputer. VoIP mentransformasikan sinyal analog yang dihasilkan oleh suara Anda, merubah menjadi digital dan kemudian mengirimkannya melalui suatu jaringan yang berbasis IP. Jaringan IP adalah merupakan jaringan komunikasi data yang berbasis packet-switch. Contohnya adalah internet. VoIP ini meliputi software, hardware dan juga protokol yang mendukung teknologi ini. Ada banyak contoh teknologi VoIP yang digunakan saat ini. Baik itu yang ditawarkan secara komersial oleh suatu perusahaan misalnya oleh Vonage dan Verizon, dimana mereka menawarkan suatu hardware telepon khusus yang mana nantinya bisa menggunakan telepon tersebut untuk melakukan komunikasi melalui jaringan komputer. Ada juga yang disebut softphone, dimana ini biasanya adalah suatu aplikasi komputer yang bisa digunakan untuk telepon ke jaringan telepon biasa, contohnya adalah Skype. Ada lagi contoh lain, yaitu suatu aplikasi open source yang memberikan fitur PBX yang lengkap, bernama Asterisk (www.asterisk.org).Bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.

Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan diubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan alamat IP, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat mendorong ke arah konvergensi dengan teknologi komunikasi lainnya. Standarisasi protokol komunikasi pada teknologi VoIP seperti H.323 dan SIP, telah memungkinkan komunikasi terintegrasi dengan jaringan komunikasi lainnya seperti PSTN.

Banyak celah keamanan (security vulnerability) dari VoIP, bukan dari protokol, software atau hardware-nya, tetapi datang dari fakta bahwa sistem VoIP berjalan pada jaringan, komputer dan juga sistem operasi yang digunakan. Keamanan dari VoIP ini juga tergantung dari kemanan yang ada di internet. Risiko yang muncul sama seperti
risiko yang sudah kita kenal di internet, seperti risiko terjadinya denial of service (DoS) dan lain sebagainya.

Contoh Aplikasi VoIP dan Keamanannya
Salah satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.

Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :

Privacy

Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.

Authentication

Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan Skypemerupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.

Contoh lain kemanan VoIP adalah dengan menggunakan IPsec Tunnel melalui internet. Dengan menggunakan IPsec, maka VoIP dan Data akan dienkripsi dengan key tertentu ketika melalui jaringan internet.

Ditayangkan : 31 Desember 2005 – Metro TV Indonesia

Cuplikan Video 1

Cuplikan Video 2


 

28 Responses to ' Keamanan Telepon Internet (E-Life Style Metro TV) '

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Keamanan Telepon Internet (E-Life Style Metro TV) '.

  1. m.sigit.s said,

    on September 6th, 2006 at 3:55 am

    saya mohon agar diulas masalah mpls lengkap dengan tutorialnya,
    thx

  2. Mudji said,

    on September 7th, 2006 at 4:04 am

    Untuk tutorial berbahasa Indonesia, Anda bisa baca di http://ilmukomputer.com/umum/koen-mpls.php

    Sedangkan untuk yang berbahasa Inggris banyak sekali di Internet, terutama di website Cisco. Berikut contoh link nya :

    http://www.cisco.com/cgi-bin/search/search.pl?searchPhrase=
    Intro+MPLS&x=0&y=0&nv=Search+All+cisco.com%23%23cisco.com
    &language=en&country=US&accessLevel=Customer

  3. abe said,

    on September 9th, 2006 at 9:04 am

    halah.. mas mudji curangggg..
    gag ngasih tau.. kalau gag kan bisa nonton hehe.. 🙄

    btw, kita belum pernah jumpa yah mas.. waktu abe ke JKT jg gag pernah jumpa.. teros waktu rombongan IKC ke MDN mas basuki jg gag ekot.. 😥

    semula saya gambarin mas mudji itu udah tua.. geto liat rekaman klip nya eh.. ternyata salah.. masih muda toh! ^_^

  4. Mudji said,

    on October 16th, 2006 at 1:11 am

    Insya Allah Be,
    Di lain waktu kita bisa ketemu

    Wassalam

  5. aar said,

    on July 11th, 2007 at 1:16 pm

    mas gmn klo ngebahas tentang vlan dan vacls
    soalnya saya ada kesulitan di vlan dan saya cuma make router on stick /satu router bisa gak ya make vlan access list

    mohon bimbingannya
    makasih

  6. zhuli said,

    on August 6th, 2007 at 3:43 am

    mas..tolong kasih tau aplikasi AES untuk testing keamanan wireless LAN dengan metode WPA

  7. sandi said,

    on November 24th, 2007 at 11:23 am

    mas saya ada permintaan…
    gimana cara menggunakan voip,tools,terus mas kalau untuk sofwarenya ndiri..

    terima kasih sebelumnya…

  8. Mudji said,

    on November 24th, 2007 at 12:34 pm

    Hi Sandi,
    Untuk hal ini anda bisa coba voip nya kang Ono.
    http://www.voiprakyat.or.id/
    Saya juga sering pakai, kualitasnya cukup bagus.

    Salam
    Mudji

  9. Vita said,

    on December 7th, 2007 at 4:26 pm

    Mas bisa bantu saya tidak…saya ingin mengambil skripsi mengenai voip kira-kira topik apa yang mudah yah untuk dibahas…terima kasih

  10. Mudji said,

    on December 8th, 2007 at 6:13 pm

    Hi Vita,

    Anda bisa melakukan analisa pemakian voip saat ini sebagai solusi murah berkomunikasi global, sumber bisa diambil dari :
    http://www.voip-info.org/wiki/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
    http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_VoIP_software

    Salam

  11. Vita said,

    on December 9th, 2007 at 4:31 pm

    terima kasih mas atas infonya,,,

  12. Vita said,

    on December 10th, 2007 at 11:14 am

    apakah saya harus membandingkan antara (2 Merek Handphone) yang dapat mengakses VOIP .Misal saya menggambil SE dengan Nokia ada tidak perbedaan dalam segi spek di dalamnya untuk mengakses VOIP,….trus mengapa SIP di Indonesia blum bisa digunakan…terima kasih.

  13. Mudji said,

    on December 10th, 2007 at 8:59 pm

    tidak perlu membandingkan merek HP, kualitas VoIP lebih banyak dipengaruhi oleh ketersediaan bandwidth, dan codec yang digunakan. Mungkin anda bisa mencoba VoIP dengan http://www.skype.com, anda bisa berkomunikasi dari komputer via Internet ke telpon GSM, PSTN, Flexi, dll.
    SIP adalah salah satu protocol dari VoIP, di Indonesia yang populer dan sering saya pakai juga adalah http://www.voiprakyat.or.id milik kang Onno W Purbo, menggunakan Asterisk sebagai servernya.

  14. fahrudin said,

    on December 13th, 2007 at 7:58 am

    assalamu’alaikum…
    mas mo nanya kebetulan di kantor saya menggunakan voip buat koneksi telekomunikasi di cab. kantor saya tepatnya dari jakarta-medan, yang saya mo tanyakan kenapa tiap telp., misal dari medan telp. ke jkt suaranya kecil agak noise kadang putus ga ad suara sma skali tp klau dr jkt ke medan suaranya sangat jelas,ud nyanya k providernya ktanya ga ad mslah, kbetulan d kntor jkt menggunakan IP class A sdang yg d medan IP nya class C ngaruh ga ya, kenapa ya mas…thanks

    wassalamu’alaikum…

  15. Mudji said,

    on December 13th, 2007 at 8:51 am

    wa’alaikum salam ww
    suara voip sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bandwidth jaringan, oleh karena itu jika suara tidak jelas/putus2, coba cek terlebih dahulu utilisasi bandwidthnya, terutama utk trafik dari Medan ke Jakarta.
    Hal ini bisa diatas dengan 2 cara :
    1. Memasang configurasi QoS untuk menjamin kualitas voip di router.
    2. Upgrade speed jaringan.

    Salam

  16. Burh_N said,

    on February 26th, 2008 at 6:22 am

    mau taya duang
    rencana mo beli hp yang bisa buat nonton TV
    kira klo di semarang bisa ksh th almtnya yang jual gak??
    aq dh muter2 tp gak dpt….
    thx ya atas bntuannya…

  17. mudji said,

    on February 26th, 2008 at 12:46 pm

    Waduh mas Burh,
    ke semarang saja saya belum pernah. Beli saja lewat Internet di http://www.bhinneka.com

  18. andy said,

    on March 10th, 2008 at 7:13 am

    Assalamu alaikum wr. wb.
    Mau tanya, saya pernah denger dari temen. kalo ada software yang dapat nambah speed koneksi internet/stabilkan koneksinya.
    1.Nama softwarenya apa?
    2.Dapat dicari dimana?
    Terima kasih
    Wassalamu alaikum Wr. wr

  19. mudji said,

    on March 12th, 2008 at 9:42 am

    Alaikum salam wr.wr. Andy,
    klo software nambah speed/stabilkan, belum pernah denger, krn nambah speed/stability tergantung kualitas jaringan dari providernya.
    Ada juga untuk mempercepat download. Berikut software yg cukup ampuhh…
    http://www.freedownloadmanager.org/

    Salam

  20. fran said,

    on September 12th, 2008 at 9:16 am

    saya mau tanya ini pak, kita kan pakai skype, cuma saya bingung, kenapa suara kita kalau terima lawan bicara bagus, tapi suara orang lain yang kita terima buram sekali seperti berbayang, kadang2 putus2 juga, belum ketahuan masalahnya dimana.

    sudah saya upgrade line internetnya dr speedy yang hanya 512kbps ke 1mbps juga masih bermasalah, saya pikir perangkat VOip phonenya, juga masih tidak terpecahkan

    apa ya solusinya? harus ganti ISPkah?

  21. mudji said,

    on September 27th, 2008 at 7:10 am

    Hi fran,
    Untuk kualitas VoIP, harus tersedia bandwidth yang cukup utk end-to-end connection. Jika anda sudah memiliki bandwidth 1 Mbps, ini sudah lebih dari cukup, tetapi anda harus cek speed internet lawan bicara anda.., jika lawan bicara anda menggunakan internet dial-up, wajar suaranya menjadi kurang jelas atau putus2, tetapi jika lawan anda juga memiliki bw 1 Mbps/512 kbps, berarti ada bootleneck di “Internet Cloud” antara anda dan lawan bicara anda. Anda bisa lakukan trace route dari pc anda ke pc/ip public lawan bicara anda utk mengetahui detail posisi/hop yang menyumbangkan delay tertinggi.

  22. muslim said,

    on April 18th, 2009 at 12:26 pm

    bisa saya dibantu,tadi saya sdah donwload skipe,dan ketika saya mau aktifkan,ada layanan memerintahkan u memberi paswoard dulu dan saya tdk tahu apa paswoar skipe?

  23. mudji said,

    on April 27th, 2009 at 5:49 pm

    Sebelum menggunakan skype, anda harus membuat account dulu beserta passwordnya.
    Panduannya anda bisa baca di sini http://www.skype.com/help/guides/startskype/

  24. Clara said,

    on June 12th, 2009 at 3:12 pm

    mas……..
    cara nonton tv lewat internet gmn?

  25. mudji said,

    on June 12th, 2009 at 5:45 pm

    Hi Clara,
    banyak site utk nonton tv online. Contoh bisa buka http://indoweb.tv/
    yang lain masih banyak lagi. bisa searching di google.com

  26. zul said,

    on November 20th, 2010 at 6:58 pm

    Hi,
    Saya mau tau cara pake camera di laptop gimana ya mas, saya pernah lihat di metro tv tp udah terlambat nonton tv na…..

    Zuli


  27. on November 11th, 2011 at 11:27 am

    Wah mantab Postingannya Nih

  28. benny said,

    on October 11th, 2012 at 10:59 am

    sore teman, aku mau cari buku referensi robot sederhana tolong dong

Leave a reply