Perangkat Jaringan WAN

Print Friendly, PDF & Email

Infrastruktur WAN (Wide Area Network)

Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :

  • Router
  • ATM Switch
  • Modem and CSU/DSU
  • Communication Server
  • Multiplexer
  • X.25/Frame Relay Switches

Router

router.gifRouter adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

Switch ATM

atmswitch.gifSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

Modem (modulator / demodulator)

modem.gifModem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)

CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

Multiplexer

infotypes.gifSebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

Communication Server

Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

Switch X.25 / Frame Relay

Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

124 thoughts on “Perangkat Jaringan WAN

  1. Sdr. Fuji
    Jaringan WAN bisa dibaca di blog ini, hanya saja untuk instalasinya baru ada tentang Ethernet LAN dan pin assignment cable.

    Thanks

  2. Terima kasih, artikelnya bagus bagus banget, oh yada ada yang mau saya tanyakan, di dalam file sminar.zip ada namanya Frame Relay Cloud, apakah itu bisa dikatakan jaringan internet? atau memang ada settingan khusus untuk Frame Relay? sesudahnya terima kasih yang sebesar – besarnya…

  3. PRiki,
    Frame Relay Cloud itu adalah jaringan Frame Relay Provider, di dalamnya terdapat perangkat-perangkat frame relay switching. Setting yang ada di dalam frame relay cloud itu antara lain :
    1. DLCI untuk membentuk PVC
    2. Priority untuk PVC
    3. CIR
    4. EIR
    5. LMI type

    Frame Relay itu protocol jaringan yang bekerja di layer 2 OSI. Biasa digunakan untuk akses jaringan private. Bisa juga digunakan untuk menghubungkan ke jaringan internet.

    Thanks

  4. Asslamu’alaikum pak Mudji, bapak saya mau minta tolong untuk dapat mengajari saya tentang CCNA, karena saya ingin mengetahui fungsi dari alat satu ini, tapi mohon agar bapak dapat menerangkannya dengan bahasan yang ringan dan mudah dimengerti maklum karena saya baru belajar dari awal

    kalau bapak meo kirimin artikel tersebut bisa ke alamat email saya runnammi@yahoo.com
    thanks for the answer
    Wassalamu’alaikum

  5. Asslamu’alaikum pak Mudji, pak saya mau minta tolong untuk dapat mengajari saya tentang NAT, karena saya ingin mengetahui fungsi dari alat satu ini, tapi mohon agar bapak dapat menerangkannya dengan bahasan yang ringan dan mudah dimengerti maklum karena saya baru belajar dari awal. dan saya dalam penyusunan tugas akhir dengan bahasan Router sebagai Network Address Translation.

    kalau bapak mao kirimin artikel tersebut bisa ke alamat email saya ninoes_84@yahoo.com
    thanks for the answer
    Wassalam

  6. mas, maaf saya minta artikel tentang WAN tapi dari yang paling newbies banget ya…..
    saya lagi butuh nih….
    dari perangkat sampe installasinya

  7. siang pak, biasa neeh sy lg kesulitan cari router,fungsinya secara detail…. oh ya kalian ma jaringannya yach…. thank’s

  8. Wisynu,

    Klo mau beli router, harus tahu dulu apa aja yang mau dijalankan dijaringan dan fitu2nya. Baru cari router yang cocok.
    Nanti klo sudah tahu kebutuhannya bisa kontak saya..,
    Nanti saya bantu cek spek router yang cocok

    Thanks

  9. pak saya disuruh guru saya mencari tenteng teknologi WAN tolong saya dikirimi makalah tentang freme relay,ISDN,DSL,ADSL,FO,ll ya tolong please yang bhs indonesia ke email saya ya
    ni email ku (muh_eka@yahoo.co.id)

  10. minta tolong dong, kirimkan makalah tentang LAN, WAN dan keamanan jaringan komputer untuk laporan KP dan TA. makasih ya

  11. mas saya minta tolong dong kirim semua artikel pengertian tentang LAN,MAN dan WAN serta perangkat pendukungnya donk untuk tugas Kuliah

  12. Pak, saya mau tanya. bagaimana cara menghubungkan antara frame relay dengan internet. alat yg digunakannya apa aja. terima kasih banyak sebelumnya.

  13. Hi Mookz,

    Koneksi internet, anda tinggal bilang ke provider frame relaynya bahwa anda ingin terhubung ke internet. Semua Provider Frame Relay menyediakan koneksi ke internet.
    Koneksinya bermacam2, bisa serial, ethernet atau fiber.

    Salam

  14. minta informasi ttg membangun jaringan nirkabel yg menggunakan access point serta konfigurasinya dong…… Thank’x (kl bs kirim via e-mail…plz)

  15. mas mudji yang baik Hati…bisa ga kirimin aku bagaimana cara setting jaringan WAN & Alat2(hardware) Apa Yang harus Aku siapkan..mas kalau Bisa Sampai Detil2nya Ya..mas Matur Nuwun Sanget ya mas………..

  16. mas tlong sya dong,,mnta mklah tantang jaringan WAN,,,!coz psing nech nyari mklah nya….!
    ntar tlng di kirimin ya mkalahnya ke : blue_sky@0601.com……!
    trima ksih sbelumnya…..!

  17. aku anak awam soal internet, dapet tugas bikin makalah ttg WAN… yang laen pada minta, aku boleh ya! minta dunk… pleaseeee…. makasih sebelomnya,,,

  18. tolong minta semua informasi tentang w-lan dong dari mulai membuat jaringannya sampai dengan koneksinya pleaseeee!!!!!!!!!!!

  19. Duh…………..Bingung Ney……….Lan n Wan Fungsina apaan Ch?????Kok cama semua……….tyus Macam-macam Software yang dapat dipakai dalam Lan n Wan apaan tuw?????????Bantuin NyaRi Dnk……………Oya Sma fuNgsina Juga.!!!!!Oce……..kirim ke alamat Email qYu Yaw…Buruan!?!!!Coz pnTing Ch!!!!

  20. LAN dan WAN adalah jaringan yang fungsinya menghubungkan antar komputer bisa melalui kabel atau wireless.
    software/protocol jaringan antara lain: telnet (tcp port 23), http (tcp port 80), ftp (tcp port 20 and 21), ssh (port 22) , dll

  21. gara-gara ada LAN dan WAN serta jaringan internet,kita jadi sering banged disuruh nyari begituan mulu.suruh ngringkes pula.ampe bosen and pucing nyarinya.tapi,lumayan jadi bisa tambah pengetahuan.jelasin lebih detail lagi donk ttg itu tadi.di tunggu ya!!!makacih.

  22. merk switch hub apa yang kuat…ditempat saya 34 unit komputer dengan 3 switch hub 16 port sering mati..lampu indikator jaringan semuanga tidak menyala..sebelumnya tdk ada masalah jaringan ke server lancar….apakah karena antar switch hub saya hubkn dg straight??? trims

  23. Hi Hendra,
    alat2 jaringan WAN sudah dijelaskan di artikel ini, untk mendiagnosa WAN banyak sekali tools yang bisa digunakan, diantaranya dengan software WireShark

  24. Hi Ade,
    untuk switch yang kuat dan berkualiatas, anda bisa gunakan switch yang manageable (bisa create VLAN, dll). klo keluaran Cisco namanya Catalyst Switch.
    Tidak masalah anda menggunakan cable straight antar switch hub, yang penting switch hub tersebut support auto-cross cable detection.

  25. PUssSSing….Persiapan TA….Lagi blank… ada yg bisa kasi masukan buat Tugas Akhir Q di PENS… khususnya masalah netWORKING… 🙁

  26. Hi Arif,
    Banyak sekali bahan yg bisa dijadikan TA khususnya ttg networking, spt: Membuat Network Management System (NMS) berbasis SNMP, Security Jaringan menggunakan PIX Firewall, dll

  27. hi aat,
    Contoh teknologi WAN = Frame Relay, MPLS, dll
    wireless merupakan media saja.
    Jadi misal kita pasang radio point-to-point, kemudian kita pasang router antara keduanya, dan kita konfigurasi router2 tsb menggunakan Frame Relay / MPLS, maka kita sudah mempunyai WAN memakai Wireless.

    salam

  28. Assalamualaikum…..
    bisa minta tolong gaa…???
    Q minta makalah tentang arsitektur,desain, standar dan peralatan dalam WAN donk,,,buat tugas jaringan q…
    kirim ke email q ryzeta13@yahoo.co.id
    trim`s….
    Wassalam…

  29. pak saya di suruh oleh guru mencari modul tentang instalasi perangkat jaringan berbasis luas(wan)..boleh gak pak saya minta modulnya kirim ke alamat email saya,ya pak trimakasih

  30. Mas aq mo minta tolong dong,,,
    aq mo skripsi,pengnnya sih tentang jaringan,tp bngung tentang p..tolong y mas

  31. Assalamu’alaikum pak mudji,

    saya ingin bertanya seputar jaringan nirkabel,
    apa perbedaan WAN dan WLAN? sedang saya hanya tahu WAN (Wide Area Network) dan WLAN (Wireless Local Area Network)

  32. dear pak muji, saya “nemu” web ini gak sengaja. ditengah kehausan mencari materi wan ilmu dari njenengan laksana setitik air di padang pasir. apalagi bagi saya yang masih pemula. saya mohon terus di update nggih. matur nuwun. (fajar, smk pu malang)

  33. mas, artikel ttg meningkatkan efisiensi jaringan WAN bs diliat dmn y?
    oiy mas, mkasi y ilmu ttg WAN’nya.ini sangadh membantu saya dlm mnyelesaikan tugas”.
    thanks ..
    ^_^

  34. @Nelly, Fungsi WAN adalah sebagai penghubung antara 2 atau lebih LAN yang berbeda subnet yang berada pada tempat/lokasi yang berbeda agar computer2 di lokasi tsb bisa saling berhubungan/berkomunikasi.

  35. wsalam ww, Nifa, WAN sudah dijelaskan. klo Wireless LAN itu adalah teknologi LAN yang aksesnya menggunakan wireless (tanpa kabel). Terdapat 1 Access Point (AP) sebagai pusat koneksi. Di setiap komputer harus memiliki transceiver agar bisa terhubung/berkomunikasi via AP trus ke Internet/Intranet.

  36. assmlkum wr.wb
    pak, saya siswa smk yg sdng m’cari artikel
    b’berapa teknologi WAN.
    Modem, dan
    Frame Relay, sya sdah tahu pngertianya
    sdngkan ISDN dan DSL itu apa yaa pak..?

  37. ass??? salam kenal pak… saya lihat dari serangkaian tulisan bapak yang dimuat serta komentar dari banyak user yang nota bene membahas masalah jaringan saya juga jadi ingin ikut minta tolong nih pak..mudah – mudahan tidak memberatkan … saya pingin dikirimin modul WAN… yang bahasannya tentang desain WAN dan sekaligus INSTALASINYA… atas perhatiannya saya haturkan terima kasih

  38. Asw..pa mudji..saya ingin belajar untuk dapat membangun jaringan web server ,,,apa saja peralatan dan kelengkapan hardware yang diperlukan untuk dapat di jadikan web server,dan tutorial dalam membangun web server,,hingga dapat di publis..tolong ya pa,,kirimkan ke email saya ke :fikri_nurul@yahoo.com

    sukron khasiron

  39. mas, ma kasih lho atas artikelnya.
    smga bisa mmbantu sya dlm blajar jaringan!!!!!
    smga succes terusss!!!!

  40. sory bang…software apa aja sih yang dibutuhkan tuk Server, (yg sy gunakan di kantor sekolah)bls via email aja ya….

  41. gue sih bisa az mahamin artikel nya tpi klau diperjelas lagi mungkin gue bakalan lebih ngrti.
    tapi udah oke,,,,, gue suka artikel Lo…..

    wawankombeat.blogspot.com

  42. Assalamulaikaum wr.wb

    Saya mau tanya bagaimana cara merancang dan membangun WAN dan saya minta turorialnya dong… kirim ke email saya..

    thx sebelumnya ^_^

  43. gan minta petunjuk w masih baru di dunia netwofking, ma tanya gan unutk menghubungkan jaringan WAN via VSat agar 2 buah tempat yng berbeda dapat berkomunikasi tanpa harus masuk ke jaringan internet publik gi mana gan

  44. assalamualaikum mas mudji, bisa minta tolong gk?

    saya kesulitan mau angkut judul masalah apa tentang jaringan, bisa minta tolong beri saya sedikit tentang judul tsb dan sedikit penjelasannya secara umum, dan kalo bisa kirim lwat email saya cesc.fattah04@gmail.com,,
    terima kasih mas udjib

  45. kalau ngomong masalah biaya mas, kira2 berapa duit yang kita pake untuk membangun jaringan wireless dilab sekolah,,
    atau bangun access ponit?
    tolong sedikit infonya mas,, terima kasih

  46. mas …boleh minta tolong gak ….artikelnya tolong pake gambar juga dong ,,, biar lbih jelas n gampang ngerti ,,, terutama gambar skema jaringannya …

    oke thanks

  47. ok…makasih atas artikelx…dan sya juga mau tanxa…gimana cara mendesain jaringan WAN..trsb…trimakasih…ok…aq tnggu y jwabanx…..

  48. Gan Ane mau tanyak ne,….
    gmana cara nya membobol situs yang menggunakan jaringan WAN seperti contoh situs blogspot, facebook dan situs social network lainnya..

    mohon bantuannya gan…..
    thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *