Tips Mengkonfigurasi jaringan Ad-Hoc Wireless LAN (peer-to-peer)

Ξ June 2nd, 2008 | → 72 Comments | ∇ Technology, Wireless |

Ad-Hoc Wireless LAN

Model jaringan ini memungkinkan perangkat wireless berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa central access point.

Banyak metode digunakan untuk konfigurasi jaringan Ad-Hoc, berikut adalah salah satu contoh sederhana tips dan tahapan dalam mengkonfigurasi jaringan Ad-Hoc wireless LAN.

  1. Dibutuhkan “wireless network card” pada masing-masing komputer.
  2. Masuk ke “network card properties” dan set SSID dengan nama tertentu (unique). Pastikan bahwa anda mengkonfigure SSID dengan nama yang sama untuk masing-masing komputer. Jika tidak sama, jaringan tidak akan terhubung.
  3. Masuk ke “network card properties” dan set “channel” untuk jaringan wireless yang akan digunakan. Pastikan anda mengkonfigurasi channel dengan angka yang sama untuk masing-masing komputer. Jika tidak, jaringan tidak akan terhubung.
  4. Set IP LAN static pada kedua komputer. Patikan anda mengkonfigurasi IP komputer tersebut dalam satu subnet dan range yang sama. Jika anda set IP pada satu komputer 192.168.1.1 255.255.255.0, pastikan komputer lainnya di set juga pada range (192.168.1.2-254).
  5. Set “network card” pada mode “ad-hoc”, bukan “infrastructure”.

Dengan konfigurasi diatas, seharusnya jaringan ad-hoc anda sudah bisa berjalan normal. (more…)

 

IP Subnet Calculator

Ξ November 20th, 2007 | → 3 Comments | ∇ Cisco, LAN, MPLS, NAT, Routing, Security, Technology, WAN, Wireless |

Bagi para Netwokers atau pemula, ingin cepat menghitung subnet alamat IP , bisa menggunakan Software Berikut :
IP Subnet Culculator

 

Pengenalan General Packet Radio Service (GPRS)

Ξ May 1st, 2007 | → 10 Comments | ∇ Technology, Wireless |

GPRS adalah jasa baru yang di desain untuk jaringan GSM (Global System for Mobile Communications). GSM adalah teknologi selular digital yang digunakan seluruh dunia (worldwide), dominan di Eropa dan Asia, dengan perkiraan jumlah pelanggan saat ini 400 juta dan terus bertambah. GSM adalah “world’s leading standard” di dunia komunikasi wireless digital.

GPRS distandarisasi oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI). Aplikasi yang diharapkan banyak digunakan pada GPRS adalah akses internet/intranet.

GPRS mempunyai 2 elemen jaringan:

SGSN — Mengirimkan dan menerima data dari mobile stations, dan “maintain information” tentang lokasi mobile station (MS). SGSN melakukan komunikasi antara MS dan GGSN.

GGSN — “wireless gateway” yang memungkinkan pengguna “mobile cell-phone” mengakses “public data network (PDN)” atau “specified private IP networks”.

Gambar berikut memperlihatkan “basic GPRS network components”, serta fungsinya yang umum digunakan pada jaringan GPRS.

GPRS Component

“User sessions” terhubung dari mobile station (MS) ke Base Transceiver Station (BTS), yang juga terhubung ke Base Station Controller (BSC). Kombinasi fungsi dari BTS dan BSC sering dikenal sebagai Base Station Subsystem (BSS). Dari sini, SGSN menyediakan akses ke GGSN, yang berperan sebagai gateway ke “data network”. (more…)

 

GPRS Core Network

Ξ April 18th, 2007 | → 11 Comments | ∇ Technology, Wireless |

Sistem GPRS (General Packet Radio Services) digunakan oleh GSM Mobile phones, Sistem telepon mobile terpopuler di dunia (sejak 2004), untuk transmisi Packet IP. GPRS Core Network adalah bagian terpusat dari sistem GPRS yang juga mendukung jaringan WCDMA berbasis 3G. GPRS Core Network adalah bagian yang terintegrasi dengan GSM Core Network. (more…)