7B Kunci Sukses

Ξ October 30th, 2006 | → 3 Comments | ∇ Tausyiah |

  1. Beribadah dengan benar dan Istiqomah (Ibadah di Masjid dan Tahajjud)
  2. Berakhlak Terpuji. Akhlak = respon spontan terhadap kejadian
  3. Belajar dan berlatih tiada henti
  4. Bekerja dengan Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
  5. Bersahaja dalam hidup / Proporsional
  6. Bantu Sesama – SEDEKAH
  7. Bersihkan Hati Selalu. Hindari Sombong, Dengki, Riya (SDR)

 

I’tikaf

Ξ October 17th, 2006 | → 2 Comments | ∇ Al-Islam |

muhammad.jpgPada masa sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa melakukan i’tikaf (berdiam diri di masjid). Hal ini terus dilakukan Rasulullah sampai beliau wafat. Sudah semestinya kaum Muslimin melaksanakan sunnah yang diajarkan sosok teladan. Agar i’tikaf bisa memberikan hasil sesuai yang diharapkan dan agar orang yang beri’tikaf keluar dari masjid dalam kondisi telah diampuni dosa-dosanya, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan, yaitu:

Niat yang Baik
Hendaklah orang yang ingin beri’tikaf memurnikan niatnya untuk mencari keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala, meraih derajat di akhirat dengan cara melepaskan diri dari kegiatan dunia dan mengisinya dengan amaliyah akhirat, serta menghidupkan sunnah Rasulullah.

Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan
Inilah sunnah Rasulullah, yang berlandaskan pada hadits yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, “Bahwasanya Rasulullah beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf setelahnya.”
Boleh saja beri’tikaf selain waktu-waktu itu, akan tetapi tetap saja yang terbaik adalah pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. (more…)