Pengenalan General Packet Radio Service (GPRS)

Print Friendly, PDF & Email

GPRS adalah jasa baru yang di desain untuk jaringan GSM (Global System for Mobile Communications). GSM adalah teknologi selular digital yang digunakan seluruh dunia (worldwide), dominan di Eropa dan Asia, dengan perkiraan jumlah pelanggan saat ini 400 juta dan terus bertambah. GSM adalah “world’s leading standard” di dunia komunikasi wireless digital.

GPRS distandarisasi oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI). Aplikasi yang diharapkan banyak digunakan pada GPRS adalah akses internet/intranet.

GPRS mempunyai 2 elemen jaringan:

SGSN — Mengirimkan dan menerima data dari mobile stations, dan “maintain information” tentang lokasi mobile station (MS). SGSN melakukan komunikasi antara MS dan GGSN.

GGSN — “wireless gateway” yang memungkinkan pengguna “mobile cell-phone” mengakses “public data network (PDN)” atau “specified private IP networks”.

Gambar berikut memperlihatkan “basic GPRS network components”, serta fungsinya yang umum digunakan pada jaringan GPRS.

GPRS Component

“User sessions” terhubung dari mobile station (MS) ke Base Transceiver Station (BTS), yang juga terhubung ke Base Station Controller (BSC). Kombinasi fungsi dari BTS dan BSC sering dikenal sebagai Base Station Subsystem (BSS). Dari sini, SGSN menyediakan akses ke GGSN, yang berperan sebagai gateway ke “data network”.

Kumpulan SGSNs dan GGSNs dalam jaringan GPRS dikenal sebagai GPRS Support Nodes (GSNs). Koneksi antara SGSN dan GGSN menggunakan protokol yang disebut “GPRS Tunneling Protocol (GTP)”. Koneksi antara GGSN dan PDN menggunakan Internet Protocol (IP).

Untuk memberikan “mobile sessions” sebuah IP address, GGSN menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). GGSN juga menggunakan server Remote Dial-In User Service (RADIUS) untuk “authorisasi dan authentikasi “remote users”. Servis DHCP dan RADIUS dapat dibuat di “global configuration level” (GPRS DHCP & RADIUS commands).

Keuntungan
Teknologi GPRS memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:

• Memungkinkan penggunaan “packet-based air interface” melalui “existing circuit-switched GSM network”, yang memberikan
efisiensi lebih besar pada spektrum radio karena bandwidth radio hanya digunakan ketika paket dikirim atau diterima.

• “Support minimal upgrades” untuk “existing GSM network infrastructure” bagi “network service providers” yang ingin
menambahkan servis GPRS paling atas di GSM, yang saat ini sudah diimplementasikan.

• Support kecepatan data berkisar 115 Kbps, lebih besar daripada “traditional circuit-switched connection” yaitu 9.6 Kbps

• Support “larger message lengths” daripada Short Message Services (SMS).

• Support virtual private network (VPN)/Internet service provider (ISP) corporate site access.

Berikut Evolusi teknologi wireless:
3G Evolution

10 thoughts on “Pengenalan General Packet Radio Service (GPRS)

  1. Maaf,ingin mengkoreksi. GPRS bukan jasa dan teknologi baru. GPRS merupakan teknologi 2,5G.maksimum speednya 115kbps (cmiiw) untuk saat ini telah ada teknologi 3G yang lebih cepat lagi dan 3,5G (HSPDA) yang diusung salah satu operator yang menyediakan mobile broadbad internet akses dan semua itu berada di jalur GSM. Sedangkan di jalur CDMA ada teknologi EVDO (evolution data only)yang kurang lebih memiliki kecepatan yang sama dengan 3G namun, karena pasar CDMA belum terlalu melirik jalur data. Teknologi EVDO belum memiliki pasar yang cukup bagus dibanding 3Gatau 3,5G yang saat ini sudah terasa gaungnya (perang harga dan fasilita.., mayan konsumen diuntungkan) sorri jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan moof maaf jika ada kesalahan

  2. Pak Adhityo,
    Terima kasih atas masukannya, GPRS (General Packet Radio Service) , service jika diterjemahkan ke indonesia menjadi “jasa”, memang sebenarnya GPRS ini adalah teknologi Akses Wireless utk mobile, dan boleh dianggap sekarang tidak begitu baru lagi, karena sudah muncul generasi berikutnya. Untuk lebih jelasnya tentang “positioning” tiap2 teknologi, attached “Evolusi dari 3G Wireless Standards.

  3. GPRS vs WIMAX nya donk cak…..

    apa mungkin operator gsm buka service wimax juga ?
    apakah wimax di dukung vendor besar ? pengen denger dari pencipta gigi biru ttg wimax nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *