Data Encapsulation

Print Friendly, PDF & Email

Topik berikut menjelaskan tahap-tahap dari encapsulasi dan decapsulasi data dalam proses komunikasi data.

Data Encapsulation

courier_7(1).gif

Jika kita kembali ke contoh Jasa Antar, tiap layer membutuhkan proses tersendiri untuk meyakinkan pengiriman dan pengangkutan paket dari Atlanta ke Toronto. Agar hal ini dapat berjalan lancar, paket harus :

  • Harus mempunyai alamat tujuan dan nomor pengiriman yang jelas.
  • Disortir/diseleksi dengan paket lain yang dikirim ke Toronto
  • Ditempatkan di truk untuk dibawa ke pesawat khusus yang membawa paket ke Toronto
  • Sampai di tujuan, Toronto, paket diambil dan disortir dari paket lain dan dimasukkan ke dalam truk.
  • Truk mengantarkan paket ke alamat tujuan di Toronto.

Sepanjang perjalanan, alamat tujuanlah yang dijadikan referensi, walaupun informasi lain ikut ditambahkan, seperti nomor pengiriman dan nomor keberangkatan untuk menggunakan truk dan pesawat yang tersedia. Penambahan informasi ini tidak merubah isi paket atau alamat tujuan, hanya sebagai penunjuk jalan (routing information) yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, analogi ini menunjukkan model OSI adalah “modular”, mengijinkan modifikasi atau penggantian tiap layer tanpa mempengaruhi keseluruhan data.

Contoh Encapsulasi Data

Terdapat 5 langkah dasar encapsulasi data :

Encapsulation Data
Keterangan
dataencap_1fb.gif
Langkah 1 (Data). Ketika anda mengirim sebuah email, informasi pesan dikonversi ke data dalam tiga layer teratas (Application, Presentation, Session) dan kemudian melewati layer Transport.
dataencap_2fb.gif
Langkah 2 (Segment). Pada Layer Transport, informasi protokol ditempelkan di data sebagai “header”. Meyakinkan bahwa komputer penerima akan dapat berkomunikasi. Data dan “header” dipaketkan menjadi segmen.
dataencap_3fb.gif
Langkah 3 (Packet). Segmen ditransfer ke layer Network dimana penambahan “header” berisi informasi alamat asal dan tujuan. Segmen dan “header” dipaketkan menjadi sebuah paket dan ditransfer ke layer Data Link.
dataencap_4fb.gif
Langkah 4 (Frame). Pada Layer Data Link, sebuah “header” dan “trailer” ditempelkan sebagai informasi tambahan dan dipaketkan menjadi sebuah frame. Frame menyediakan informasi yang dapat menghubungkan terminal dari jaringan satu ke jaringan lain.
dataencap_5fb.gif
Langkah 5 (Bit). Frame dikonversi ke deretan 0 dan 1 (bit) untuk transmisi melalui media jaringan pada layer Physical..

4 thoughts on “Data Encapsulation

  1. bang mujid, saya usaha warnet pake 2 line speedy 16 pc trus pake ruter cisco seri brp yg cocok bwt wanet saya,, mohon pencerahan nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *