Shalat Subuh

Print Friendly, PDF & Email

“Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya” Jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalnya; dan kalau jelek, maka jeleklah seluruh amalnya. Bagaimana mungkin seorang mukmin mengharapkan kebaikan di akhirat, sedang pada hari kiamat bukunya kosong dari shalat Subuh tepat waktu?

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah di masjid) sekalipun dengan merangkak” [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Shalat Subuh memang shalat wajib yang paling sedikit jumlah rekaatnya; hanya dua rekaat saja. Namun, ia menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit (sampai matahari terbit)

Ada hukuman khusus bagi yang meninggalkan shalat Subuh. Rasulullah telah menyebutkan hukuman berat bagi yang tidur dan meninggalkan shalat wajib, rata-rata penyebab utama seorang muslim meninggalkan shalat Subuh adalah tidur.

“Setan melilit leher seorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan, ‘Nikmatilah malam yang panjang ini’. Apabila ia bangun lalu mengingat Allah, maka terlepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan yang kedua. Kemudian apabila ia shalat, lepaslah lilitan yang ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak, ia akan terbawa lamban dan malas”.

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya’ dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” [HR. Abu Dawud, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

“Shalat berjamaah (bagi kaum lelaki) lebih utama dari shalat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh tujuh kali lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat Subuh”. “Kemudian naiklah para Malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka bertanya kepada mereka – padahal Dia lebih mengetahui keadaan mereka – ‘Bagaimana hamba-2Ku ketika kalian tinggalkan ?’ Mereka menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami jumpai mereka dalam keadaan shalat juga’. ” [HR Al-Bukhari]

Sedangkan bagi wanita – walau shalat di masjid diperbolehkan – shalat di rumah adalah lebih baik dan lebih banyak pahalanya, yaitu yang mengerjakan shalat Subuh pada saat para pria sedang shalat di masjid. Ujian yang membedakan antara wanita munafik dan wanita mukminah adalah shalat pada permulaan waktu.

“Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” [HR Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

Banyak permasalahan, yang bila diurut, bersumber dari pelaksanaan shalat Subuh yang disepelekan. Banyak peristiwa petaka yang terjadi pada kaum pendurhaka terjadi di waktu Subuh, yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid. “Sesungguhnya saat jatuhnya adzab kepada mereka ialah di waktu Subuh; bukankah Subuh itu sudah dekat?” (QS Huud:81)

Rutinitas harian dimulainya tergantung pada pelaksanaan shalat Subuh. Seluruh urusan dunia seiring dengan waktu shalat, bukan waktu shalat yang harus mengikuti urusan dunia.

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS Muhammad : 7)

“…Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa,” (QS Al-Hajj:40)

TIPS MENJAGA SHALAT SUBUH :

  1. Ikhlaskan niat karena Allah, dan berikanlah hak-hak-Nya
  2. Bertekad dan introspeksilah diri Anda setiap hari
  3. Bertaubat dari dosa-dosa dan berniatlah untuk tidak mengulangi kembali
  4. Perbanyaklah membaca doa agar Allah memberi kesempatan untuk shalat Subuh
  5. Carilah kawan yang baik (shalih)
  6. Latihlah untuk tidur dengan cara yang diajarkan Rasulullah saw (tidur awal; berwudhu sebelum tidur; miring ke kanan; berdoa)
  7. Mengurangi makan sebelum tidur serta jauhilah teh dan kopi pada malam hari
  8. Ingat keutamaan dan hikmah Subuh; tulis dan gantunglah di atas dinding
  9. Bantulah dengan 3 buah bel pengingat(jam weker; telpon; bel pintu)
  10. Ajaklah orang lain untuk shalat Subuh dan mulailah dari keluarga

Disarikan dari :
Buku “MISTERI SHALAT SUBUH”

135 thoughts on “Shalat Subuh

  1. Aamiin ya Robbal ‘Alamiin

    Semoga dengan Niat yg kuat, Insya Allah, anda akan memperoleh apa yang anda inginkan, tentunya dengan Ikhtiar semaksimal mungkin.

  2. :grin:sesuatu yang luar biasa yang kita dapat dari buku…hikmah yang banyak dan yang pasti…menambah ilmu dan wawasan

  3. Ass Wr Wb, sangat bagus sekali artikel ini, mohon maaf dan mohon penjelasan dari kalimat :

    ” Ujian yang membedakan antara wanita munafik dan wanita mukminah adalah shalat pada permulaan waktu, yaitu yang mengerjakan shalat Subuh pada saat para pria sedang shalat di masjid.”

    Nah wanita yang mengerjakan sholat subuh pada saat pria sedang sholat di masjid itu termasuk wanita munafik atau wanita mukminah ?

    salam
    Sari

  4. wa’alaikum salam ww

    Terima kasih atas responnya, Wanita yang mengerjakan sholat shubuh tepat waktu adalah wanita mukminah…

    Semoga rekan Sari menjadi wanita Sholehah..Amien.

  5. Subhanallah … Mari kita sukseskan gerakan shalat Subuh massal … untuk memerangi musuh-musuh Islam dan seraya memohon pertolongan darinya…Allohu Akbar

  6. wahai para saudara-saudara Q umat muslim di dunia mari Qt berlomba-lomba memperbanyak ibadah
    n Salam Kenal,oh ya temen-temen yang ada di luar blog ni Q pngen nambah temen ni jd kalian bisa gabung di star_fha@plasa.com n Salam Maniez bwt temen-temen smua

  7. Artikel yang bagus. cuman untuk TIPS :
    7. Mengurangi makan sebelum tidur serta jauhilah teh dan kopi pada malam hari

    kayaknya susah dihilangkan karna sudah kebiasaan lama. 😀
    saya termasuk orang yang insomnia & suka begadang jadi kadang bangunnya agak kesiangan apalagi hari libur 😀

  8. heheheh:p
    emang kadang susah untuK biSa bangun bwat sholat subuh,…taPi insa4JJ kita harus sama2 bisa mamperbaiki diri,..hihihi

  9. salam, ustad..ana tertarik ama tulisan antum tentang menyingkap 1002 hikmah shalat shubuh 🙂
    ana mau permisi buat ngopy:)
    syukron qoblahu

  10. Kalau urusan dunia sudah gelap kepentok sana dan sini, keman kita menyandar ?, hanya kepada yang maha kuasa yaitu Allah SWT., Jangan pernah ragu dengan Al-qur’an karena itulah petunujuk yang harus kita jalankan dan menjadi bukti bagi orang-orang yang sholeh. Wirid dan dzikir diwaktu subuh ternyata lebih nikmat dibanding lainnya. Alhamdulillah, dan ternyata begitu nikamatnya dari mulai bangun hingga melaksanakan sholat subuh.
    Alhamdulillah, artikel ini membuat saya semakin kuat menjalankan sholat subuh. terima kasih Amin.

  11. Bismillahirrohmanirrohim
    Subhanalloh…memang hanya orang-orang pilihan Alloh lah yang bisa menghadiri sholat shubuh itu, sholat yang amat berat bagi siapapun yang banyak bermaksiat kepadaNYA, dan di suatu wilayah yang disitu ahlussunnah(salafiyyun)nya tidak ada maka bukan hanya sholat shubuh yang jama’ah nya sedikit, bahkan sholat lainnya pun ikut sedikit jumlah jama’ahnya (kalaupu banyak mereka bukan penduduk asli tapi sekedar lewat)karena hanya yang memahami sunnah dengan pemahaman assalafush-sholih lah yang akan mengerti keutamaan sholat berjama’ah, untuk info sepitar AdDienul Islam, klik:www.asysyariah.com/www.merekaadalahteroris.com/www.akhwat.web.id/www.ahlussunnah-jakarta.com/www.adhwaussalaf.com/www.darussunnah.or.id/www.darussalaf.or.id
    semoga bermanfaat…..
    Barokallohufiekum

  12. assalam wr.wb…
    gimana bisa saya dapatin buku MESTERI SHALAH SUBUH karena udah saya cari2 di toko buku di samarinda ini gak ada juga,, mohon infonya,,
    thanks…

  13. wahai sdr2ku, bantu aku dg doa. Bangun subuh kadang terasa begitu berat. Apalagi habis kerja malam. Dgn doa sdr2ku, smg ada ‘setrum’ yg selalu mengingatkanku. Smg timbul rasa malu di hati bila tdk menunaikan shalat subuh. Bukankah alhayau minal iman. Malu itu sebagian dari iman. Wslm

  14. Ya.. memang kita sesama muslim seluruh dunia selayaknya saling mendoakan utk kebaikan. Insya Allah rekan Amin akan selalu dalam pertolongan dan lindungan Alloh SWT ..tidak hanya dalam sholat subuh , tp dalam semua keadaan .. amin. salam

  15. alangkah indahnya jika mesjid-mesjid semuanya penuh orang shalat di saat shubuh. ummat Islam akan menang mengalahkan kemaksiyatan kalau sudah shalat shubuh semua.Ya Allah berikan kekuatan kepada kami dan keluarga kami untuk Shalat shubuh…Amiiin….

  16. Mudah-Mudah’an allah SWT selalu melindungi Aku dan Umat rasullullah SAw untuk selalu membuka pintu hati hamba-hamba-NYA utk selalu ingat KepadaNYA.. Amien

  17. Ass,

    Berawal dari membaca buku di atas beberapa tahun yg lalu, saat ini telah berdiri Majlis Subuh Al Hikmah dengan pembimbing; Habib Anis bin Husin Assegaf, Habib Abdulloh bin Ja’far Assegaf dan Habib Musthofa bin Ja’far Assegaf, bertempat di Masjid Jami’ Al Hikmah Jl. Lebak Bulus III Cilandak Jakarta Selatan. Setiap 2 minggu sekali. bagi yg ingin hadir dipersilahkan. Telp. 99 0000 27. Wass.

  18. Ass… saya baru bergabung d’blog ini,Saya sangat sedih melihat Umat islam skrang ini, kalau menonton bola berjam-jam tidak ada terasa ngantuk, tetapi begitu masuk waktu Shalat Shubuh Sudah mulai trasa ngantuk, saya setiap waktu Shalat lima waktu Adzan d’masjid yg Shalat cuman itu-itu saja, apalgi kalau waktu Shubuh, biasanya tinggal Imam dan makmum 4 orang, padahal dari jam 4 saya sudah bunyikan masjid dgn pengajian2 al-Qur’an… Ya Allah berikanlah Hidayah pada hamba-hambamu untuk shalat shubuh berjamaah di masjid…. Amin….!!!

  19. Pengalaman Mas Hermansah diatas juga dilami dimushalla saya. Yang adzan saya yang qomat saya yang menjadi immam tanpa ma’mum saya.tapikan yang tahu rahasia itu semua bukan saya tapi RABBI (Tuhan saya)

  20. “Barangsiapa yang shalat shubuh dengan jama’ah kemudian duduk dalam rangka berdzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, kemudian shalat dua raka’at maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: (pahalanya) sempurna,sempurna,sempurna.
    (Jami’ at-Tirmidzi no. 586 dari Anas bin Malik)

  21. Assalamu alaikum Mas Mudji,
    Alhamdulillah… lagi mencari keutamaan sholat subuh… dapet linknya kesini… bagus sekali bacaannya… ketemu ama webnya guru sendiri. 🙂
    lagi bersemangat untuk mencari Ilham, mudah2xan masih tetep boleh bertanya tanya yang mas…

    wassalamu alaikum.

  22. Ayo kita budayakan sholat subuh berjama’ah… UNdang saudara dan tetangga terdekat kita untuk melaksnakan shalat subuh berjama’ah

  23. Makasih banyak informasinya..
    Btw, saya mau izin ngambil buat ditag di FB ya,,
    tenang, saya akan bubuhkan juga alamat website ini..

    makasih.

  24. wah ternyata bnyak sekali dosaku….
    Aku sering kali telat solat subuh…
    Astagfirullahal adzim…..

  25. Allah Hu Akbar………..
    maha suci Allah
    semoga dengan terbitnya buku ini masyarakat muslim tidak akan meninggal shalat subuh termasuk juga saya sendiri….Amin

  26. trimakasih artikelnya, memang yg saya alami begitu, sholat yg paling berat aku rasakan adalah sholat subuh.
    semoga dengan artikael diatas, saya jd lebih ringan unutk melaksanakanya…….!

  27. Subhanallah..banyak sekali manfaatnya shalat subuh. Salah satu di antaranya adalah salah satu pembuka pintu rezeki bagi kita semua..amien..

  28. shalat subuh lebih mendekatkan hati yang bimbang.!semoga Allah senantiasa memberi rahmat pada kita semua dengan terus berusaha menaklukan setan dalam diri kita sendiri

  29. alhamdulillah..
    ak bisa mengambil hikmah ny..semoga Alloh SWT selalu menjadikan kita orang2 yg sabar..
    jadi pgen nangis..di papua jarang dengerin suara adzan..krna jumlah masjid yg sedikit dan mayoritas non muslim pndduk ny..
    rinduku pada MU ya ALLOH SWT..
    rinduku pada MU ya ROSULULLOH SAW..
    rinduku pada naungan suara adzan..
    rinduku pada masjid..

  30. Asalamualaikum. Mau berbagi pengalaman, smg bermanfaat. Saya dlu bs d bilang rajanya tidur, apalagi bwt bngun tuk sholat subuh. Hampir mustahil rasanya. Namun stelah mengetahui hadist tentang keutamaan sholat subuh, insya Allah skrg sy berusaha mnjga sholat subuh brjamaah d masjid, dan sudah berjalan hampir satu tahun. Meskipun kadang satu atw dua kali kesiangan. Insya Allah mnjdi target saya slanjutny utk menjaga konsistensinya. Sy sdh mempraktekan tips di atas. Terutama, tidur d awal waktu (ala Rasulullah). Berniat bangun untuk selalu sempatkan sholat tahajud (setengah atw satu jam sblm waktu subuh), meskipun tahajudnya lewat, insya Allah subuhnya gak lewat. Kbnyakan, kl sy kelewatan subuhnya kr tidurnya kemalaman. Smg bermanfaat. Wasalam

  31. Saya sempat mampir ke website ini, sebelum saya melaksankan shalat shubuh.. tadinya, saya mengulur-ulur waktu shalat karena masih banyak waktu. Namun, setelah saya membaca ringkasan tentang hikmah shalat shubuh, saya lagsung bergegas mengambil air whudu dengan niat menyembah Alah, dan di kuatkan iman saya dalam menghhadapi zaman yang sudah renta ini…

  32. tanks atas artikelnya semoga ana lebih bersemangat untuk shalat berjamaah dimasjid bukan hanya shalat subuh tetapi shalat wajib yang lainya.amiin

  33. Bgmn memulai untuk bisa menunaikan shlt subuh berjamaah dan di awal wkt? Mulailah dengan niat yg tulus serta ikhlas Lillahi Ta’ala…mdh2an sgalanya dimudahkan. Amin… Ayo semangat…!!!

  34. Assalamualaikum Wr. Wb. SubhanAllah, bgitu banyak keutamaan dan kemuliaan dari Salat Subuh berjamaah. Semoga kita dbrikan oleh Allah kemudahan untak mengerjakannya. Afwan, sy copy paste artikelnya ya…! Syukron.

  35. subhanallah, bersyukur bisa ditunjukkan membaca artikel ini’mohon jika bisa dijelaskan bagaimana hukum wanita antara shalat sendirian di rumah atau di masjid’jika di rumah lebih baik, bagaimana keutamaan silaturami dan 27 derajat yg didapatkan jika berjamaah di masjid?

  36. subhannalloh….semoga dengan sholat subuh berjamaah akan menghilangkan stigma buruk Islam, karena stigma buruk itu dibuat oleh Yahudi, dan yahudi akan takut bila umat Islam bisa sholat subuh berjamaah seperti sholat jumat.marilah qt awali dari diri qt masing2, untuk bisa konsisten melaksanakan sholat ssubuh berjamaah di masjid…amin

  37. akhir2 ini sering terlambat bangun pg jd sholat subuhnya jg telat, baiklah mulai bsok pg jgn sampe kalah dengan lilitan setan…

  38. Assalamuaalaikum.wr.wb

    sya ingn brtnya….
    Td tlah dsbut kan bahwa btas akhir shlat sbuh pukul 5:29,,,jd ap hukum ny jka kta shalat pd pukul 5:31……?

  39. assalamu’alaikum wr wb
    SUBHANALLAAH…ALLAAHU AKBAR dengan segala galanya…
    NA’UDZUBILLAAHIMINASYAITAANIRRAJIIM jauhkan lah kami dari godaan syaitan yg terkutuk… AAMIN

  40. ribuan terimakasih and syukur nikmat dapat tunaikan solat subuh berjemaah dimasjid,semoga surga utk pengarang buku ini.amin

  41. Di Eropa musim panas: magrib mulai jam hampir jam sepuluh. Isa jam 11.57. Subuh jam 3. Sulit sekali mengatur antara subuh dan isa. Bisa di jamak tidak magrib dan isa, supaya bisa tidur lebih awal untuk bisa subuh? kalo tidur ku cuma 2 jam aku ngak kuat apa-apa

  42. Tiada hari yg lebih indah, selain melaksanakan shalat shubuh berjamaah,
    shalat shubuh salah satu bentuk indahnya kenikmatan surga…Maha Suci Allah….

  43. memang bnar, orang yg melkukan shalat subuh, serasa dunia milik a, hti tnang, pikiran g gundah,

  44. Pingback: Artikel Arunals
  45. ya Allah ampuni dosa kami, limpahkan lah rahmat mu ke pada kami, agar kami bisa melaksanakan shalat berjamaah, Amin. Aku rindu akan suara2 ayatmu di bacakan dengan lembut hingga menusuk sampai ke hati sanubari.

  46. Assalamu’alaikum ya akhi wa ukhti….
    Bolehkah saya mendapatkan ebook nya? Kalo boleh, saya dapat mendownload dimana?

    Salam sahabat muslim.

  47. alhamdulillah,ilmu tentang shalat ini mesti kita tahu dan fahami krn inilah fondasi utama seorang muslim,jika shalatnya sdh benar dan khusyu,insyaAlloh smuanya beres,jzaakalloh utk ilmunya

  48. ,ass, alhamdulilah kita bisa bertmu lg d thun yng pnuh berkah inie.

    hikmah.y shalat subuhh emang membawa berkah buat kita semua,,
    mudh” kita semu bisa d terima iman.y ,,,, amminnn ya Rbl’ alL’mien….

    terimaksich….
    ,,haturrrnuhun…

  49. alhamdulillah… rasanya hidup ini trasa lapang… di karna banyaknya cahaya ke ikhlasan muncul dari individu makhluk trmulya (manusia) dlm merealisasikan kewajibannya (khususnya) shalat shubuh !!!

  50. Pantas saja saya sekarang berubah jadi malas, lemah dan suka berdiam diri seperti yang di jelaskan dalam tulisan anda. Tapi syukur alhamdulilah saya kini bertekad untuk selalu melaksanakan sholat subuh ini karena alhamdulilah saya sudah tahu manfaat yang luar biasa dari sholat subuh.. ALLAH AKBAR 🙂

    Terima kasih untuk websitenya yang menarik.

  51. subhanallah
    trimakasih atas artkeknya
    sungguh ku kagum stlah mmbcanya.trimakasih YA ALLAH semoga ku slalu dbrikan nikmat iman dan islam

  52. Bismillah
    Sungguh…
    Berbahagialah mereka-mereka yg dimudahkan Alloh Jalla wa ‘Ala tuk menegakkan sholat shubuh disaat manusia terlelap hingga kokok ayam terakhir, masih juga terlelap..
    Yaa Alloh betapa diri ini penuh dg gelimang dosa..
    dosa mata kami yg memandang wanita-wanita dg syahwat
    dosa telinga kami
    yg lebih senang alunan seruling syaithon (musik,lagu dsb) ketimbang murottal dan taushiah ulama/asatidz
    Dosa langkah kaki kami yg masih berat menjalani kebajikan tapi gemar bergosip ria, saling mengumpat, memfitnah dsb…dsb…

  53. Yaa Alloh ampunilah dosa hambamu ini, yg telah banyak melalaikan perintah2-Mu, rubahlah kebiasaan buruk hamba, dan perbaikilah kehidupan hamba.
    terima kasih kepada Alloh dan kepada penulis atau semua yg telah membimbing saya kpd tulisan ini, dan semoga saya mendapat pencerahan diri

  54. hikmah sholat shubuh akan bisa dirasakan dari pagi sampai malam hari, Allah akanmemberikan jalan keluar bagi orang yang bangun pagi dan sholat shubuh secara berjama’ah di masjid.Dirikan sholat shubuh Allah akan memberi petunjuk amin.

  55. Terima kasih, baca artikel ini menjadi inspirasi dan penyemangat untuk aku bisa sholat subuh… terima kasih,,, mohon izin untuk kopy saya sebarkan informasi ini semoga bisa bermanfaat untuk sodara yang lain… salam

  56. Saat membaca komentar para pembaca sy mengucurkan air mata dn tersedu sendu, karna ingat para jamah di masjid saat subuh hanya itu-itu jg.insyaalah akan sy ajak mereka yang belum tau tentang hikmah salat subuh. Semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka yg malas mengerjakannya terutama setelah menunaikan puasa Ramadhani tahun ini.Aaamiiin ya Rabbal ‘a alamiin..

  57. Assalamualaikum wr wb

    hai muslimin muslimat jng lah kau tinggal kan shalat……
    Apa lgi solat subuh yg jmlah rakaat’nya pling sdkit tpi bnyk hikmah d dlm’nya……
    Kalian hrus trima shalat 24 jam 5x karna pda wktu nbi shalat itu 50x dlm wktu 24 jam bayngkan sja…

    Wassalam…..

    Skian by verry asy-syakiroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *