Network Address Translation (NAT)

Print Friendly, PDF & Email

nat.gif

Keterbatasan alamat IPv.4 merupakan masalah pada jaringan global atau Internet. Untuk memaksimalkan penggunakan alamat IP yang diberikan oleh Internet Service Provider (ISP) dapat digunakan Network Address Translation atau NAT. NAT membuat jaringan yang menggunakan alamat lokal (private), alamat yang tidak boleh ada dalam tabel routing Internet dan dikhususkan untuk jaringan lokal/intranet, dapat berkomunikasi ke Internet dengan jalan ‘meminjam’ alamat IP Internet yang dialokasikan oleh ISP. Atau dapat juga digunakan untuk koneksi jaringan antar organisasi yang berbeda yang tidak ingin alamat jaringannya diketahui oleh organisasi lain.

Dengan NAT, jaringan internal/lokal, tidak akan terlihat oleh dunia luar/internet. IP lokal yang cukup banyak dapat dilewatkan ke Internet hanya dengan melalui translasi ke satu IP publik/global. Sehingga dengan kata lain bahwa NAT sebagai jembatan IP lokal untuk keluar ke IP internet/publik.

>>Download

19 thoughts on “Network Address Translation (NAT)

  1. mas mo nanya..
    1. pernah setting pc router ( pakai Clarkconnect isp : speedy)?
    2. ada tips tuk setingannya?
    3. kalo pc router itu digunakan sbg gateway.. apa kah modem speedynya harus di setting sbg bridge.
    NB. gateway ini hanya digunakan sbg bandwith management
    4. mohon bantuannya.. 😀

  2. 1. tidak pernah
    2. sda
    3. tergantung modemnya, apakah di modem ADSL itu sudah include, router function.
    Klo mau bandwidth management, memang perlu perangkat/PC di belakang modem ADSL.
    4.Thanks

  3. Mas Mudji,

    Saya mau tanya dikit nih, saya mau share internet line saya dengan komputer adik. Saya pakai fastnet. Saat ini saya bisa share secara bergantian dengan menggunakan switch. Seandainya saya ingin share yg bisa dipergunakan secara bersama-sama gimana caranya mas?

    thx, anton

  4. mas saya punya masalah nii
    Land uda saya buat (terlihat di Mynetwork Place semua client ada)

    Masala ee internat sharing saya buat jadi tidak muncul alias blank untuk client gimana cara untuk share internat biar kelihat

  5. server uda saya buat, IP adrees klient udah saya seting tiap komputer.
    Jadi puyeng di sharing intert.

  6. deas mas muji,

    apakah dalam NAT jumlah client berpengaruh?brpa jumlah client yg bisa akses internet d belakang NAT?

    Thx

  7. Ya, semakin banyak client semakin banyak bandwidth yang dikonsumsi dan akan mempengaruhi performasi router. jumlah client tidak bisa dijadikan patokan, pemakaian throughput yang akan menentukan. semakin tinggi spek routernya semakin banyak jumlah client yang bisa di handle.

  8. mas nih lg bingung cari judul skripsi..
    klo ambilnya tentang NAt ada gak ya, bisa bantu gak mas???
    atau tentang MPLS tapi yang umum aja judulnya…

    makasih mas, mhon bantuannya 🙂

  9. Dear mas mudji,

    rencana saya mau buat Webserver yg bisa diakses oleh semua orang. layanan internet dan perangkat apa yg kira2 bisa mendukung untuk ini ? rencana saya mau pakai speedy unlimeted yg ada 1 (satu)Ip publicnya. apakah ini sudah memungkinkan? atau harus yg punya IP public lbih dari 1 ?

    Thanks Bantuannya

  10. Hi ifan,
    Perangkat yang diperlukan 1 bh Web Server (OS Linux atau Solaris), 1 buah Router, 1 buah Firewall utk security (optional). Klo hanya utk 1 web server cukup 1 ip public. Sebaiknya server ditempatkan di DMZ agar lebih secure, dan IP Public di NAT static ke IP Private.

    Selain itu diperlukan nama domain (harus registrasi lebih dulu), dari Domain Control Panel, arahkan NS domain ke IP Public dari server anda.

    Anda bisa pesan nama domain di http://www.starhoster.net dan akan dibantu utk setup nya.

    Salam

  11. bro mudji saya ingin akses webserver kantor dr rmh, apakah bs dgn nat, meskipun isp kantor dan rumah berbeda,di kantor ada 1 ip public thx..

  12. bapak admin yth, mohon pencerahan nya, saya di rumah terkoneksi dengan speedy dan mendapat 1 IP publik yang tertanam di modem router ADSL nya, kemudian sambil belajar saya coba forward IP publik tersebut ke IP local dan sudah berjalan, pertanyaan nya bisa tidak sebaliknya pak..?,
    IP local via IP publik yg di forward tadi ber komunikasi dengan komputer lain yg berbeda koneksi internet nya dimana IP yg didapat tidak publik. tks

  13. Assalmualaikum Wr Wb.

    Salam kenal Mas Mudji, kalau untuk melakukan pembatasan range ip client bgmn ya? dalam hal ini untuk membatasi range Ip address tertentu agar user yg bersangkutan tdk dapat melakukan akses internet, tapi masih dapat mengakses resource yg lain di dalam broadcast domain yg sama, dalam hal ini menggunakan router cisco tanpa ada perangkat tambahan yg lain.

    misal, saya mempunyai network 192.168.1.0/24, dan saya ingin melakukan pembatasan range ip 192.168.1.100-192.168.1.254 tidak dapat akses internet, dan diluar range tsb dpt akses. bgmn ya mas mudji? mohon bimbingannya..

  14. malam pak saya boleh meminta file contoh makalah tentang wan dan komunikasi data….saya coz lgi butuh buat materi kuliah.

    terima kasih sebelum nya saya ucapakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *